Laman

Jumat, 02 Januari 2009

TEKNIK MEMPERCEPAT AKSES INTERNET GPRS (Part 1)

Sekelumit tentang GPRS dan Internet GPRS

Sedikit tentang latar belakang penulis membuat blog ini adalah berawal dari kenyataan yang penulis dapatkan bahwa di lingkungan penulis fitur GPRS yang ada pada ponsel masih kurang dioptimalkan fungsinya bahkan ada yang belum difungsikan sama sekali. Padahal, ketika mereka memilih suatu type handphone, sebagian besar dari mereka menginginkan handphone yang memiliki fasilitas yang lengkap. “Saya mau yang ada kamera, bisa mutar MP3, bisa mutar video, dan bisa Internetan” itu kata mereka. Tetapi kenyataannya, fitur terakhir tidak mereka optimalkan. Padahal, dengan ponsel yang telah mendukung fasilitas GPRS, kita tidak hanya bisa mengakses Internet dari perangkat ponsel, tetapi juga bisa mengakses Internet menggunakan komputer (PC) dengan memanfaatkan perangkat ponsel sebagai modem.

Penulis berfikir, mungkin kondisi tersebut di atas ada juga di tempat lain. Padahal, saat ini seharusnya GPRS sudah sangat familiar bagi pengguna ponsel. Karena sebenarnya GPRS (General Packet Radio System) merupakan teknologi 2G (generasi kedua). Dan di dunia jaringan seluler saat ini kita akan mengenal pula teknologi EDGE (Enhanced Data rate GSM Evolution) dan UMTS (Universal Mobile Telecommunication System) yang sering disebut 3G yang tentunya sudah lebih maju.

Namun demikian, GPRS merupakan teknologi yang memberikan layanan komunikasi data yang saat ini banyak digunakan oleh operator seluler. GPRS merupakan cikal bakal lahirnya teknologi 3G yang penggunaannya, khususnya di Indonesia) masih sangat terbatas. Menurut Dominikus Juju (2008), kecepatan transmisi data yang bisa digunakan untuk GPRS adalah sebesar 115 Kbps yang mampu menampilkan foto, suara bahkan video. Sedangkan dari situs resmi telkomsel (www.telkomsel.com), diketahui bahwa GPRS hanya mampu melakukan pengiriman data dengan kecepatan sekitar 25 Kbps.

Kembali menurut Dominikus Juju (2008) dalam buku “Teknik Mempercepat Koneksi Internet”, kemampuan teknologi GPRS diantaranya :

1. Memiliki kemampuan untuk memelihara keutuhan komunikasi data walaupun kita sedang bergerak.
2. Kita bisa terhubung secara langsung dengan nomor yang berbeda, kapan saja diinginkan dengan tidak tergantung pada lokasi mana berada sekarang serta tanpa delay.
3. Teknologi GPRS mampu menapilkan gambar, suara, video, dan mendownload suatu konten.
4. Mampu digunakan untuk mengakses intranet, Internet, mengirim fax, e-mail, e-commerce, dan masih banyak lagi.

1 komentar:

Mas Tarman mengatakan...

Terima kasih atas komentarnya.

Your Ad Here